Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates

Sekilas Departemen Bahasa Indonesia

Bahasa tidak hanya berfungsi sebatas alat komunikasi sosial. Lebih jauh lagi, bahasa merupakan identitas bagi suatu bangsa, juga penuturnya. Tidak hanya sampai di situ, bahasa juga dapat berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa, seperti halnya dengan keberadaan bahasa Indonesia. Hal ini sesuai dengan butir ketiga Sumpah Pemuda yang berbunyi “Kami putra putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Keberadaan bahasa Indonesia sebagai salah satu bidang studi pokok dalam ruang lingkup pembelajaran formal, dalam hal ini sekolah, menegaskan bahwa betapa bahasa Indonesia memiliki fungsi yang vital dalam pembelajaran di sekolah. Dalam hal ini, bahasa Indonesia tidak hanya sebatas penting dalam tataran kognitif dan pengetahuan. Lebih jauh lagi, penggunaan bahasa Indonesia dalam ragam lisan dan tulis juga harus memperhatikan prinsip penggunaan bahasa yang baik dan sesuai. Dua hal inilah yang menjadi fungsi pokok keberadaan Departemen Bahasa Indonesia di Sekolah Kharisma Bangsa, yaitu menciptakan generasi yang unggul dan terampil dalam berbagai bidang keterampilan berbahasa, sekaligus menciptakan generasi yang cinta dan bangga menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sesuai di dalam ruang kehidupan yang bernama interaksi sosial sepanjang hayat.

Departemen Bahasa Indonesia Sekolah Kharisma Bangsa bertekad untuk mengantarkan pembelajaran bahasa Indonesia kepada peserta didik dengan melakukan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Pembelajaran yang aktif dan menyenangkan diwujudkan melalui pengelolaan kelas yang baik, didukung oleh berbagai metode dan teknik pembelajaran yang memperhatikan budaya belajar peserta didik yang selalu berkelindan dengan perkembangan teknologi dan informatika. Pada akhirnya, semua alur kegiatan pembelajaran ini akan bermuara pada konsep pembelajaran berbasis karya.

Upaya untuk memperkenalkan dan mendekatkan pembelajaran bahasa Indonesia kepada peserta didik tidak hanya dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Seperti yang telah disebutkan bahwa peserta didik dan perkembangan teknologi dan informatika saling berkelindan, Departemen Bahasa Indonesia juga memanfaatkan perkembangan teknologi untuk digunakan sebagai media pembelajaran di luar kelas. Pembelajaran Bahasa Indonesia oleh Departemen Bahasa Indonesia hadir dalam bentuk penggunaan media sosial berbasis dalam jaringan, seperti facebook dan instagram.


Topik Pembelajaran

Kelas 7
Kelas 8
Kelas 9

Tim Pengajar 2017-2018

image
Kusworo Aris Prasetiyo
Kepala Departemen Bahasa Indonesia

Universitas Negeri Yogyakarta
image
Bayu Indriyanto
UIN Syarif Hidayatullah
image
Taryanti
UIN Syarif Hidayatullah
image
TTaufik Hidayat
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
image
Yuniar Susanti
Universitas Pendidikan Indonesia