Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates

Sekilas Kurikulum

Kharisma Bangsa adalah sekolah yang menitikberatkan pada bidang sains dimana secara garis besar menggunakan dua kurikulum dalam pendidikannya, yaitu:

  1. Cambridge Assessment International Education (Cambridge International)
  2. Kurikulum Nasional (Kurikulum 2013)

Cambridge International memberikan Learning Pathways yang jelas kepada siswa melalui program dan kualifikasinya.

Kharisma Bangsa mengadopsi 90% mata pelajaran sains dari Cambridge International. Pelajaran sosial dan humaniora ditawarkan sebagai pilihan dalam level tertentu. Di akhir tahun ajaran siswa akan mengikuti tes Checkpoint, IGCSE dan A Level sesuai mata pelajaran yang ditawarkan.

Adapun Kurikulum 2013 diterapkan pada pelajaran wajib yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia, yaitu:

  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  2. Bahasa Indonesia
  3. PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Selain dua hal tersebut, Kharisma Bangsa juga menerapkan beberapa tambahan, seperti:

1.Cambridge Assessment English

Kualifikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang mengikuti standar international CEFR (Common European Framework of Reference), dimana siswa di awal tahun ajaran dikelompokkan berdasarkan kelompok belajarnya dan diberikan target berbeda setiap tahunnya. Info lebih lanjut lihat Departemen Bahasa Inggris.

2.Pembelajaran Bahasa Asing

Setiap siswa Kharisma Bangsa diharapkan dapat menguasai satu bahasa asing tambahan ketika lulus. Siswa diberikan kebebasan untuk memilih selama tiga tahun salah satu bahasa yang menjadi minatnya. Siswa diberikan target sesuai standar internasional yang berlaku dalam proses pembelajarannya. Info lebih lanjut lihat Departemen Bahasa Asing.

Adapun bahasa yang ditawarkan adalah:

  • Bahasa Jepang
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Turki

Kharisma Bangsa terus mengembangkan pilihan bahasa lainnya yang menjadi minat siswa dan akan ditawarkan di tahun-tahun berikutnya.

3. Persiapan dan Tes PSAT / SAT dan AP Course

Bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri dimana Negara tersebut mensyaratkan SAT ataupun AP Course, Kharisma Bangsa menawarkan persiapan tes tersebut melalui Departemen College Counseling. Hal ini juga berlaku bagi siswa yang sekedar ingin mengetahui kemampuan dirinya dibandingkan siswa-siswa lainnya dalam level yang sama di seluruh dunia.

4. Pemantapan Materi UN dan SBMPTN dengan Bimbingan Belajar OCEAN

Sebagai bagian dari pendidikan Indonesia, Kharisma Bangsa juga mempersiapkan para siswa dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) dan tes masuk ke universitas negeri (SBMPTN). Sekalipun materi-materi tersebut juga diajarkan dalam pembelajaran sehari-hari, Kharisma Bangsa tetap melakukan pemantapan materi di level kelas 9 dan 12 dengan bekerjasama dengan Bimbingan Belajar OCEAN yang kompeten di bidangnya.

5. Program Literasi Kharisma Membaca dengan MyOn

Kharisma Bangsa menerapkan program wajib membaca dimana setiap siswa diberikan kebebasan dalam memilih materi bacaan secara digital. Buku digital yang dibaca oleh siswa akan di pantau secara berkala untuk mengukur peningkatan kemampuan literasi siswa. Selain secara digital siswa juga diarahkan untuk membaca buku-buku yang telah dipersiapkan di perpustakaan.

6. STEMS EXPO (Science, Technology, Engineering, Mathematics and Social)

STEMS EXPO merupakan wadah pembelajaran berbasis projek yang mengintegrasikan berbagai bidang dalam satu projek yang digarap oleh siswa selama satu semester/tahun dalam grup yang ditentukan. Projek ini mengajarkan berbagai kemampuan yang dibutuhkan siswa, seperti berkolaborasi, presentasi, ICT dan lain sebagainya.